Panduan Unlock Bootloader Mi A2

  • by

Akhirnya setelah lama tidak menulis, ijinkanlah saya berbagi sedikit pengetahuan bagi Anda semua. Meski pun panduan ini merupakan panduan yang bisa jadi rumit, tapi saya rasa bisa diikuti oleh semuanya.


Kenapa harus unlock bootloader sih? Apakah locked pada android Stock tidak cukup?


Bagi saya sih, ada beberapa alasan yang membuat saya harus unlock bootloader.  Selain karena awalnya saya berencana untuk nge-root, saya juga suka mengutak-atik device atau hp yang dipunya, juga karena ada kebutuhan yang membuat penasaran bagi saya. Selain itu, saya juga berencana untuk memasang custom rom pada perangkat saya.


Kenapa di-root? Bukannya Pokemon Go nggak bisa dipake kalo device di-root ya?

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menemukan cara agar bisa memainkan Pokemon Go dengan cara yang tidak sesuai aturan.. hahaha… :p. Insya Allah nanti akan juga dibuatkan tutorial bagaimana main Pokemon Go dengan cara Terbang atau Spoofing.
Oh iya, device yang saya gunakan adalah Xiaomi Mi A2 yang memiliki codename Jasmine Sprout. Saya memilih device ini, karena aslinya saya menggunakan iPhone 6, tapi karena belum adanya dana untuk membeli iPhone yang lebih tinggi (hahaha), maka saya memutuskan beralih ke Android dan memutuskan menggunakan Mi A2.

Beberapa alasan saya memilih Mi A2 antara lain:

  1. Menggunakan Android One. Perangkat yang menggunakan Android One sebagai sistem operasinya, dipastikan akan mendapat dukungan penuh oleh Google sebagai pengembang Android selama 2 tahun.
  2. Spesifikasi yang lebih baik dibandingkan perangkat lain yang menggunakan Android One dengan harga yang setara.
  3. Kemudahan dalam kustomisasi jika menggunakan Android One, serta Fans Xiaomi yang cukup besar.
  4. Harga yang murah dengan spesifikasi yang cukup bagi saya.

Perangkat Xiaomi yang menggunakan Android One, lebih mudah untuk diunlock daripada perangkat xiaomi lain yang menggunakan sistem operasi MIUI. Kemudahan tersebut juga menjadi salah satu alasan saya memilih Mi A2 ini. Sekadar informasi, Mi A2 ini merupakan perangkat saya satu-satunya yang saya beli baru, loh, meskipun saya dulu pernah menggunakan beberapa perangkat dengan sistem operasi Android, yaitu Samsung Galaxy Nexus dan Samsung Galaxy S3alpha (SC03e) yang terkunci operator Docomo. hahaha…

Baca juga  Cara menyembunyikan foto iphone tanpa aplikasi dan jailbreak

Sebelum memulai menggunakan custom rom, maka satu hal yang penting untuk dilakukan adalah unlock bootloader. Apa itu fungsinya?

Pertama, kita harus memahami dulu apa itu bootloader. Berdasarkan apa yang saya baca, bootloader adalah sejumlah paket kode awal yang akan dieksekusi sebelum sistem operasi dijalankan. Jadi, seandainya HP itu adalah sebuah mobil, maka bootloader adalah kontak starter dari mobil tersebut. Mobil hanya bisa dijalankan jika kita menggunakan kunci kontak yang sesuai.


Kenapa bootloader itu terkunci padahal Android adalah sistem operasi opensource? Ini karena manufaktur atau pabrik pengembang perangkat tersebut ingin agar pengguna tetap menggunakan sistem operasi di perangkat tersebut. Sistem operasi tersebut sudah disesuaikan secara optimal sesuai dengan hardware yang ada pada perangkat tersebut. Sehingga, agar tetap bisa menggunakan sistem operasi tersebut, maka manufaktur mengunci (lock) bootloader agar hanya bisa menjalankan sistem operasi tersebut. Dengan bootloader yang terkunci, secara virtual sangatlah tidak mungkin untuk menggunakan custom rom sebagai sistem operasi dalam  perangkat tersebut.

Nah, jika Anda berencana untuk menggunakan custom rom, melakukan root pada sistem operasi di perangkat Anda, maka hal awal yang dilakukan adalah melakukan unlock bootloader.

Bagaimana caranya?

Tidak seperti perangkat Xiaomi lainnya, Mi A2 (dan juga Mi A1 dan Mi A2 Lite), tidak perlu menghubungi Xiaomi untuk melakukan permintaan unlock bootloader. Cukup menyediakan beberapa hal yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Laptop, baik dengan sistem operasi Windows, Linux, atau MacOS.
  2. Platform Tool (untuk menjalankan ADB dan Fastboot).
    • Download Android SDK Tools (ADB, Fastboot) untuk Windows (direct link)
    • Download Android SDK Tools (ADB, Fastboot) untuk Linux (direct link)
    • Download Android SDK Tools (ADB, Fastboot) untuk Mac (direct link)
  3. Mi A2 beserta kabel datanya.
  4. Keberanian, minuman, dan camilan yang cukup. (hahaha)
Baca juga  Email Scam dari Astronot Nigeria ini bener-bener keren!

Kemudian, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

bersambung ke part 2 yang entah kapan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *