Apa itu Jailbreak

Apakah anda mengalami masalah dengan iPhone anda? Misalnya, karena iPhone anda bunyi ketika mengambil gambar, baik screenshoot maupun mengambil foto. Atau jenuh liat tulisan IndosatOoreedoo yang panjangnya kayak kereta api? Maka bisa jadi jailbreak adalah salah satu jawaban atas kegelisahan anda saat ini.

Tunggu dulu, apa sih sebenarnya jailbreak ini? apa itu jailbreak? bagaimana cara kerjanya? kenapa bisa begitu? bagaimana saya bisa menjailbreak iPhone saya? apa dampaknya?

Apa itu Jailbreak?

Semua perangkat keras smartphone, tablet, atau console game memiliki lapisan yang namanya DRM yang kepanjangannya adalah Digital Rights Management. DRM itu akan membatasi penggunaan software yang diijinkan unutk berjalan di perangkat tersebut. Biasanya ada untuk menjaga kualitas ataupun keamanan dari perangkat tersebut. Salah satu yang menerapkan adalah perangkat milik Apple ataupun Android. 

Nah, Jailbreak adalah salah satu proses ‘hacking’ dari device keluaran apple, agar kita bisa menjalankan perangkat lunak yang tidak diijinkan oleh Apple dan melakukan beberapa ‘tweak’ pada perangkat keras besutan Apple.

Teknisnya, Jailbreak merupakan proses menginstal ‘kernel yang telah dimodifikasi sedemikan rupa sehinga bisa menjalankan kode yang tidak di’tanda tangani’ oleh Apple, kata Mas Saurik atau bernama asli Jay Freeman yang merupakan Bapak dari Jailbreak.

Artinya, proses tersebut akan memberikan hak akses sebagai root yang sebelumnya nggak ada.

Apa itu Root? Root adalah akar dari permasalah. hahaha..

bukan, root sebenarya datang dari “UNIX”.

dia akan memberikan akses luar biasa (superuser) yang punya hak bebas mau ngapain aja juga bisa, tapi juga karenanya punya sisi yang dapat membahayakan.

setelah di-jailbreak, maka kita dapat menginstal beberapa aplikasi dan tweak yang membantu agar kita lebih nyaman dalam menggunakan iphone.

Baca juga  Cara Membedakan Kabel Lightning Apple Original dan Non-Original

contohnya antara lain:

dan semua tweak tersebut didapatkan dengan cara mengambilnya dari yang namanya cydia. Sebuah aplikasi tambahan dimana tweak dan perkakas untuk iphone berada. Dia akan menginstal aplikasi dan tweak jika kita menuju ke sana. tentu saja kita bisa memilih mana yang kita sukai.

Kenapa namanya JAILBREAK sih? kok nggak ROOT? Kok nggak PECASNDAHE? Kok ga ngehek?

sesuai namanya, jailbreaking maksundya adalah keluar/memecah (break) dari penjara (jail) Apple iTunes. Sebenarnya sih konsepnya sama. dan karena Root dipake oleh android.

Ga lucu dong punya iphone trus bilang ke konter: Mas, saya mau nge-ROOT iPhone saya.

mas konter pasti bilang: iPhone China ya mbak?

Ngeheee…

Kenapa di-Jailbreak?

iOS Apple sebenarnya memiliki ekosistem tertutup. Lingkungan yang hanya bisa diakses ekslusif oleh apple, dan hanya bisa masuk apple jika sudah disetujui.

Artinya, Jika punya aplikasi dan aplikasimu bisa, katakanlah mengubah ‘sedikit’ bagian dari iPhone, maka bisa jadi aplikasimu akan ditolak oleh Apple.

Kita bisa bermain-main seru dengan aplikasi, hanya dan jika hanya kita berada di aplikasi tersebut.

Baca juga  Cara Mematikan Shutter Sound di iPhone Jepang Korea

ya, iPhone apple, terutama iOS itu semacam tanah perumahan. Aplikasi dari Appstore adalah rumah-rumah yang berdiri di atasnya. Kita hanya bisa bersenang-senang di rumah-rumah yang kita bangun. Tapi kita ga bisa nih, bikin cantik Lahan dan Perumahan kita.

Misalnya: Lockscreen iphone itu ibaratnya satpam.

kita nggak bisa mendadani satpam kita biar lebih kece.

Kita nggak bisa nih mengatur portal kita agar nggak hanya geser untuk membuka. Kan gw pengen agar portalnya bisa diputer-puter baru buka.

atau misalnya: Letak aplikasi di home screen itu ibarat kapling rumah.

Ini kan Handphone, bukan perumahan. Saya pengen dong biar cantik, susunan aplikasi saya bentuk menjadi huruf L. maka kita bisa instal tweak namanya Anchor.

Dengan jailbreak, maka beberapa hal menjadi mungkin.

Kenapa tidak di-Jailbreak?

Sebenarnya jailbreak itu ada resikonya. ini karena jailbreak akan memberikan akses root ke user, sehingga salah sedikit saja bisa membuat iPhone tidak berfungsi. Pun juga bisa juga terjadi serangan virus yang kita nggak tahu kapan bisa menyerang. Sejauh ini, jailbreak masih aman dari virus, kecuali jika para para jailbreaker menggunakan tweak atau aplikasi yang diinstal dari sumber tak terpercaya. Jika nggak paham, maka bisa jadi akan ada sumber kode jahat yang masuk ke dalam iphone ter-jailbreak.

Dulu sih ada virus worm yang cukup menghebohkan, yaitu namanya iKee. Virus worm yang tidak berbahaya dibuat untuk mengabarkan bahwa ini loh bahayanya kalo ga hati-hati setelah jailbreak.

kadang pula banyak user yang melaporkan bahwa setelah di-jailbreak, iPhone menjadi cepet panas, baterai cepat habis, atau penggunaan data menjadi membengkak.

kembali lagi ke user, apa saja yang telah dilakukan? Karena jailbreak sendiri kadang tidak mengikuti kaidah yang telah ditetapkan oleh Apple.

Baca juga  Cara Jailbreak iPhone 4

Bagaimana sih Cara Jailbreak yang Benar?

Umumnya tool untuk menjailbreak itu dengan menggunakan Windows ataupun Mac. Dulu sih bisa melalui situs yang namanya JailbreakMe. tetapi karena exploit pada aplikasi Safari sudah ditamba, maka jailbreak menjadi lebih sulit.

Untuk iOS terbaru saat ini belum dapat dijailbreak. Ini karena Apple semakin meningkatkan keamanan dari devicenya.

celah yang ditemukan team Pangu dan Taig sudah ditambal.

Akibatnya, Hanya iOS 9.0.2 yang masih dapat diJailbrek.

eh, iOS sebelumnya juga masih bisa diJailbreak.

bisa menggunakan Pangu, atau bisa menggunakan Taig.

Pilih mana? tergantung iOS yang terinstal di iPhone.

 

Jadi, apakah anda akan menjailbreak device anda? beri komentar di bawah.

3 Replies to “Apa itu Jailbreak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *