Cara Membedakan Kabel Lightning Apple Original dan Non-Original

Ketika membeli kabel data untuk device kita, tentunya kita igin mendapatkan barang yang terbaik dengan harga serendah mungkin. Tetapi, tentu saja berlaku hukum Ana rega ana rupa yang berarti harga yang cukup tentu saja harus dibayar dengan harga yang cukup. Barang yang berkualitas, tentu saja memiliki harga jual yang tinggi.

Pun jika kita ingin membeli sebuah kabel lightning untuk iDevice kita. Kabel lightning ini, merupakan kabel yang didesain khusus oleh pembuat iDevice, Apple Inc. untuk menghubungkan antara device kita ke komputer. Tentu saja, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan aksesoris ini, selain satu paket dengan iDevice yang kita beli.

Jika satu paket dalam kemasan iDevice, maka bisa dipastikan bahwa aksesoris yang kita dapatkan itu asli. Tetapi, akhir-akhir ini banyak kejadian dimana iDevice yang kita beli merupakan barang refurbish dengan aksesoris yang abal-abal. Tentu saja aksesoris yang abal-abal alias tidak ori ini lambat laun akan mempengaruhi iDevice kita, bahkan pengguna itu sendiri.

Bagaimana cara mengetahui bahwa aksesoris yang kita miliki itu original, postingan ini akan membahasnya dengan sedikit detail.

  1. Pada ujung lightning ke device, terdapat perbedaan yang jelas. Produk dari Apple, plat tembaga (warna emas) berjajar rapi (agak tenggelam/mulus jika diraba dengan kuku). sementara non apple, lebih terlihat menonjol.
    11178247_10206923692839443_1244714187030950144_n.jpg

    Kepala lightning

    Original Apple bagian faceplate berwarna grey/metalic lebih kearah doff (?) nggak kinclong2 amat. pun faceplatenya terlihat nggak ada sambungan seperti di lightning kabel sebelah kanan.

  2. Kabel original dari Apple, terdapat tulisan “Designed by Apple in California” yang dilanjutkan dengan tulisan “Assembled in China,” “Assembed in Vietnam,” atau “Ind├║stria Brasileira”, diikuti dengan 12 atau 17 digit serial number. jarak antara tulisan dengan kepala USB sekitar 7 inchi. Non Original, biasanya ada tulisan seperti itu juga. tetapi kadang ada juga yang tulisannya ngawur, misal “Designed by China”. Jikalau ada yang PLEK dengan Apple, maka produk apple memiliki tulisan yang lebih samar, warna tidak begitu tajam (mungkin agak transparan).
    deigned by Apple california

    Tulisan Designed by Apple in California Assembled in China

     

    Seandainya nggak ada tulisan Designed by Apple in California bla..bla..bla, tapi yakin bahwa itu aman, bisa jadi produknya merupakan MFi. cek di kemasan, apakah ada tulisan Made For iPhone atau tidak.

  3. Pada ujung usb connector, terlihat produk Original dari Apple memiliki sablonan logo USB yang grey, tidak ngejreng/mencolok (lebih soft?). lihat juga bagian tembaga di dalamnya, produk apple asli berwarna emas (gold-plate). sementara non asli akan berwarna perak (silver plate).
    1545947_10206923692999447_7969897281334200407_n

    Bagian depan dari kepala USB

    Untuk yang original, warna plate USB sama seperti ujung lightning. Logo USB pada kabel original, terlihat lebih samar, dengan warna tidak terlalu mencolok. jika diraba dengan kuku pun tidak akan terasa

  4. Pada ujung USB connector bagian belakangan, produk Apple memilik bentuk interlock berupa trapesium dengan jarak yang sama antara ujung dan ujung (jarak trapesium ke bagian plastik = jarak trapesium ke ujung). sementara yang non-ori jaraknya nggak sama. Warna plate untuk yang kabel original pun terlihat lebih halus.

    11140036_10206923693159451_2711267334479891518_n

    Interlock USB

  5. Jika jeli, maka pada bagian sambungan antara kabel dan kepala USB maupun Lightning akan merekat dengan baik tanpa ada celah bagi kabel yang original dari Apple. berbeda dengan yang non-original yang kadang masih terlihat celah.

    11164618_10206923693399457_9177594659991314522_n-2

    Hubungan antara kabel dan plastik kepala USB dan Lightning. bagian yang dilingkari adalah kabel non-original

Beginilah cara membedakan kabel Lightning Apple Original dan Non-Original. Dari beberapa point diatas, maka anda dapat dengan mudah mengetahui mana kabel lightning original atau tidak. Sehingga, dikemudian hari membeli kabel ligthning, maka bisa mengetahui apakah kabel tersebut original atau bukan.

Bagaimana dengan kabel yang anda miliki? apakah original atau palsu? Share pengalaman anda di kolom komentar. :)

Baca juga  Awas, segera upgrade sim card ke 4G agar tidak terjadi seperti ini!

1 thought on “Cara Membedakan Kabel Lightning Apple Original dan Non-Original”

  1. Good day! By reading this message then you’ve proved that advertising through contact forms works! We can send your ad to people via their feedback form on their website. The best part of this type of advertising is that messages sent through contact forms are inherently whitelisted. This improves the chances that your advertisement will be opened. Absolutely NO Pay per click costs! Pay one flat rate and reach millions of people. For more information please send an email to: william4212sau@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *