Bermain dengan Preview.app untuk memanipulasi halaman pdf

about preview.app

Preview merupakan salah satu aplikasi dari Apple yang tersemat secara otomatis ketika kita menginstal OSX ke dalam Macbook atau PC. Mungkin jika menurut pengguna Windows, Preview mirip dengan Windows Photos View keluaran Microsoft. Namun, bisa dikatakan bahwa Preview ini lebih powerful daripada milik Microsoft, karena fungsi dan fiturnya yang sangat menawan.

Selain mampu membuka file grafik seperti JPEG, PNG, TIFF, GIF dan lain sebagainya, preview juga mampu membuka file berformat PDF. Tak hanya mengubah sebuah gambar secara sederhana, ternyata preview juga mampu melakukan tugas layaknya sebuah aplikasi pembaca PDF profesional. Preview mampu melakukan pekerjaan sederhana dalam mengolah PDF, seperti:

  1. menyeleksi karakter, kata, dan kalimat. bahkan bisa juga kita menyeleksi semua tulisan dalam PDF
  2. menambahkan teks, shape, notes dan signature pada PDF
  3. Dan mengisi formulir, seandainya kita menerima formulir dalam bentuk PDF

Kita dapat bermain dengan Preview.app untuk memanipulasi halaman pdf. Beberapa caranya adalah sebagai berikut: Mengekstrak satu atau beberapa halaman. Untuk mengestrak sebuah atau beberapa halaman PDF, kita hanya perlu mengaktifkan show thumbnail, memilih halaman, dan mengklik-tahan thumbnail sambil diarahkan ke desktop. Halaman yang terekstrak akan muncul di Dekstop dengan tambahan kata (dragged) setelah nama file.

Dragged PDF dengan preview

Menambahkan satu atau dua halaman PDF dari file lain. Kita hanya perlu membuka file PDF yang akan ditambahkan dan juga file PDF lain yang akan kita ambil. kemudian kita drag halaman yang kita inginkan, dan ditimpakan di sela-sela halaman yang kita buka. Contohnya adalah seperti pada gambar di bawahSebelum sesudahMenghapus Halaman PDF juga sangat mudah. Kita tinggal memilih halaman yang kita hapus, dan tekan tombol delete pada keyboard.

Mengatur ulang posisi halaman juga dapat dilakukan dengan preview. Tinggal memilih halaman via Thumbnail, kemudian drag sesuai urutan yang diinginkan.

Memutar halaman dapat dilakukan juga dengan cara memilih salah satu halaman yang akan diputar, kemudian mengeklik tombol Rotate yang ada di Tools > Rotate Left untuk memutar ke kiri atau Tools > Rotate Right untuk memutar ke kanan. selain itu, dapat pula menggunakan tombol pada toolbar.

Jadi, kita nggak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi baru yang tentunya akan mengurangi space kosong pada drive kita. :D

Ada cara yang ingin ditambahkan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security