Remapping keyboard shortcut di Mac

Pengguna PC Windows akan sedikit kesulitan jika menggunakan keyboard MacBook yang memiliki layout dan beberapa fungsi yang berbeda dengan PC. Meskipun layout huruf masih QWERTY, tetapi bagi pengguna windows yang sudah veteran, posisi jari akan sedikit berubah ketika harus mengetik dengan MacBook.

Perbedaan tersebut tidaklah signifikan dibandingkan ketika kita harus berpindah dari keyboard QWERTY ke keyboard DVORAK. hanya terdapat beberapa perbedaan ketika akan menggunakan beberapa fungsi yang sering digunakan, seperti untuk menyalin-tempel, membuka tab baru, atau hanya menyeleksi semua berkas.

Untuk dapat mengubah beberapa layout keyboard Mac (atau bisa disebut remapping), maka kita dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Karabiner. Aplikasi besutan mas Takayama Fumihiko (kalo ga salah siih. :p) mampu mengatur layout keyboard Mac kita sesuai keinginan kita. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna windows dapat sedikit menyesuaikan ketika akan mengetik di MacBook.

karabiner 2
Beberapa setting Karabiner

Ada banyak fungsi keyboard yang dapat diubah dengan menggunakan Karabiner. Beberapa yang dapat membantu pengguna Windows PC antara lain:

  • Fungsi copy/paste.

Mengubah Command_left+C menjadi Control+C
Mengubah Command_
left+V menjadi Control+V
Mengubah Command_left+X menjadi Control+X

  • Fungsi Undo

Mengubah Command_left+Z menjadi Control+Z

  • Fungsi Redo

Mengubah Command_left+Y menjadi Control+Y

  • Fungsi Select All

Mengubah Command_left+A menjadi Control+A

  • Fungsi Save

Mengubah Command_left+S menjadi Control+S

  • Fungsi New dan New Tab

Mengubah Command_left+N menjadi Control+N
Mengubah Command_left+T menjadi Control+T

  • Fungsi Find

Mengubah Command_left+F menjadi Control+F

  • Fungsi Open

Mengubah Command_left+O menjadi Control+O

Kita bisa juga mengubah Control agar menjadi Command +left. hanya saja saya mendapati bahwa mengubah hal tersebut bisa menjadikan kita tidak dapat memaksimalkan penggunaan control+tab di browser, sehingga perpindahan antar tab tidak dapat menggunakan shortcut tersebut.

Baca juga  Hari biasa, Semangat baru

 

One Reply to “Remapping keyboard shortcut di Mac”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *